News Update :
Home » » Gagap bisa meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak?

Gagap bisa meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak?

Kamis, 29 Agustus 2013 10.51


Anak yang gagap ternyata tidak menderita kesulitan saat bersekolah. Bahkan gagap justru bisa meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak, demikian menurut penelitian dari Australia.
Peneliti juga menemukan kalai lebih dari 10 anak yang gagap berusia empat tahun memiliki nilai tes bahasa, berpikir, dan perangai yang sama dengan mereka yang normal.
"Gagap tidak perlu terlalu dikhawatirkan oleh orang tua. Karena bicara gagap tidak akan mengganggu pertumbuhan maupun perilaku anak," terang Profesor Sheena Reilly dari Murdoch Children's Research Institute.
Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, sebanyak 1.600 anak dari Melbourne dilibatkan dalam penelitian tersebut. Para ibu dari anak-anak tersebut tepatnya diminta mengisi kuesioner tentang tes bahasa dan perilaku anaknya.
Peneliti juga menanyakan kapan anak-anak tersebut mulai menunjukkan gejala gagap. Ketika berusia empat tahun, sekitar 181 anak positif didiagnosis gagap.
Meskipun demikian, dari penelitian tersebut, ternyata anak-anak yang gagap justru memiliki nilai tes bahasa 5,5 poin lebih tinggi daripada mereka yang normal. Kemudian tes kecerdasan non-verbal anak-anak gagap juga mendapatkan nilai 1,6 poin lebih tinggi.
"Kemungkinan hasil tes yang lebih tinggi itu disebabkan karena anak yang gagap memang mengalami peningkatan kemampuan dalam berbahasa," papar peneliti.
Peneliti lantas menyarankan agar orang tua tak perlu buru-buru melakukan terapi bagi anaknya. Sebab biasanya terapi tersebut kurang efektif dan menghabiskan biaya. Lagipula kebanyakan kasus gagap sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya.
Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam jurnal Paediatrics.
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright cuplikan peristiwa 2010 -2011 | Design by genji try | | Powered by Blogger.com.